Setiap hari, cuaca sering tidak bisa diprediksi, kadang sangat panas lalu tiba-tiba hujan deras. Bagi pengguna kendaraan roda dua, hujan merupakan musuh utama. Di samping membuat badan menjadi basah, hujan juga membuat motor kesayangan menjadi kotor.
"Kenapa tidak mencuci di steam wash saja, mencuci sendiri kan repot?!". Mungkin Anda bertanya seperti itu. Di samping lebih hemat, mencuci motor sendiri akan membuat cat motor anda lebih awet, kenapa begitu?. Karena cuci steam biasanya menggunakan sabun colek dan deterjen untuk mencuci motor kita, untuk meminimakan biaya dan menambah kentungan. Akibatnya cat terlihat menjadi lebih kusam dan buram, karena bahan kimia yang terdapat pada sabun colek dan deterjen merusak cat motor kita.
Sebelum mencuci, persiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Berikut alat-alatnya:
- BUSA; Gunakan bahan yang lembut dan tidak membuat cat baret, seperti gunakan salah satu jenis applicator ini: grout sponge, sea sponge, wash mitt, lambs wool, dan jangan gunakan busa jok atau busa lainnya yang berpori kasar dan kecil-kecil. Karena jenis busa ini cenderung kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya). Cari yang porinya besar-besar sehingga kemungkinan terjadinya baret halus (swirl mark) lebih kecil, karena pasir yg tertinggal di body akan terperangkap di dalam pori bahan tersebut.
- LAP KANEBO
- SIKAT GIGI
- KUAS
- SHAMPO MOTOR; (bisa juga menggunakan sabun cuci piring) adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek, sabun cuci baju, dll) untuk mencuci bagian body motor, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita. Memang shampo motor/mobil terbilang mahal, namun yang penting jangka panjangnya cat motor kita akan terawat terus.
- SABUN COLEK DAN DETERJEN; digunakan untuk membersihkannya bagian lain seperti shock, ban, blok mesin, dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama.
- DUA BUAH EMBER; Ini yang perlu diperhatikan siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudah tercampur air, dan yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.
Langkah-langkah mencuci yang benar adalah sebagai berikut:
1. Bagian Bawah Motor
Pertama kita siram dulu bagian bawah mesin motor dan sikat dengan sabun colek. Biasanya bagian bawah mesin tempat paling kotor dan terdapat percikan oli. Kalau tidak menggunakan sabun colek kotorannya susah hilang, setelah disikat, langsung siram dengan air supaya sabun colek tidak menempel. Bagian bawah mesin selesai.
2. Blok Mesin
Karena pada blok mesin terdapat sela-sela kecil biasanya kotoran suka berkumpul, jadi cara membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi, kuas dan sabun colek. Setelah sesi sikat selesai, ingat langsung disiram agar sabun colek tidak menempel. Bagian mesin selesai lanjut ke roda belakang velg belakang yang biasanya paling kotor dan terdapat cipratan oli rantai. Untuk menghilangkanya cukup menggunakan sabun colek, jangan lupa langsung disiram setelah selesai.
3. Rantai roda
Rantai roda merupakan bagian vital pada motor, harus dijaga kebersihannya dari pasir, debu, dan air agar dapat berfungsi baik. Jika diabaikan cepat aus, kendur bahkan bisa putus di jalan. Untuk membersihkan rantai, baiknya pakai air sabun dibantu sikat. Cara ini terbilang lebih aman meskipun temponya cukup lama apalagi debunya campur oli. Jika kotoran sulit terangkat, atasi dengan minyak tanah. Contohnya saat membersihkan rantai motor bebek. Seluruh bagian hingga ke celah rantai harus dibersihkan, sekaligus permukaan gir depan maupun belakang. Kalau sudah bersih, diuci air sabun dan dibilas air bersih. Tapi, jangan biarkan terlalu lama dan segera keringkan menggunakan lap kain untuk mencegah karat. Perhatikan juga jenis rantainya motor. Jika motor Anda memiliki sistem pelumasan tertutup yang tiap mata rantai terdapat sil karet, tidak dianjurkan menggunakan minyak saat pembersihan karena dapat merusak karet-karet sil.
4. Bagian Atas Motor
Langkah berikutnya setelah selesai membersihkan kotoran yang bercampur oli, sekarang kita bersihkan bagian seluruh bagian dengan shampo motor. Langkah kali ini urutannya dari atas bodi lalu bagian bawah. Usahakan busa/kain halus untuk body dipisahkan supaya tidak cepat lecet bodi motornya. Semprot dengan air ke seluruh bagian motor, sampai Anda yakin kalau kotoran dan debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampo yang ada di ember berisi shampo yang sudah tercampur air. Untuk bagian lain seperti shock, ban, blok mesin, dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama. Boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya., dimulai dari bagian atas dulu, dan ingat sebelum pindah ke bagian yang lain masukkan dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, usapkan ke body hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar-benar bersih. Semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.
5. Perawatan Jok
Mungkin sudah ada yang mengganti dengan bahan kulit, termasuk bodi diselimuti kulit, khawatir soal perawatan, dan akut rusak atau kusam. Untuk perawatan kulit sekaligus melindungi bisa pergunakan bahan seperti conditioner. Perawatan ini selain mengangkat kotoran dan jamur juga melindungi kulit dari panas matahari dan hujan. Sehingga bahan kulit kesayangan tidak mudah pecah. Kelembaban juga bisa terjaga.
6. Perawatan Boks
Jika motor Anda sudah dilengkapi dengan boks berbahan plastik dengan dasar kulit jeruk, hindari membersihkan kotaran dengan menggunakan ampelas halus. Bakal merusak kulit jeruk dan memberi efek kusam. Bisa dicuci dengan menggunakan cairan pencuci piring trus dilap pakai kulit sintetis. Setelah bersih, biar tambah kinclong dan warna hitam ingin rata, oleskan semir sepatu cair di seluruh permukaan boks. Untuk boks yang sudah dibungkus kulit, agar lebih mengkilat bisa pakai pembersih khusus kulit. Atau boleh juga pakai semir, sesuai warna kulit pembungkus yang ada. Jangan lakukan hal ini, membuka jok bebek atau motor matic Anda untuk menyemprot area tangki dan bagasi. Sebenarnya sih baik, tapi area di bawah jok untuk semua jenis motor tidak didesain untuk menahan air. Apalagi sampai menahan air semprotan bertekanan, kecuali Vespa. Yang paling bisa berakibat fatal adalah untuk matic, karena aki listrik diletakkan di bawah jok.
7. Pengeringan
Langkah selanjutnya adalah pengeringan. Biasakan tahap pengeringan, keringkan dari atas (body dulu) baru turun ke kaki – kaki, velg dan mesin. Kalau bisa saya sarankan Anda memiliki dua buah kanebo supaya bodi lebih terawat. Selesai lap selanjutnya semir ban (kalau ada), semir bannya biar keliatan lebih mengkilat seperti baru lagi.
8. Bersihkan kerak dengan cairan pembersih.
Saat ini jenis dan merek cairan pembersih kerak di ruang bakar telah banyak dijual di toko peralatan dan aksesori motor. Bentuknya dalam kaleng dengan sistem semprot (spray). Cara penggunaannya juga cukup mudah. Namun, bila Anda ragu bisa membawa kendaraan kesayangan ke bengkel yang telah dikenal. Bila ingin melakukannya sendiri, berikut ini caranya:
- Pertama, buka dahulu saluran dari filter udara ke karburator. Kemudian sempotkan cairan itu pada saluran intake.
- Kedua, aktifkan mesin motor dengan starter elektrik atau engkol kemudian tarik tuas gas hingga angka putaran mesin (RPM) tinggi. Pada saat yang bersamaan, kembali semprotkan cairan pembersih ke mulut atau lubang karburator, tapi upayakan mesin motor tidak mati. Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga mesin motor mati dan biarkan.
- Ketiga, setelah mesin motor mati selama 10-20 menit, kembali aktifkan. Tarik tuas gas hingga kecepatan putaran mesin (RPM) sedang. Lihatlah apakah knalpot menyemburkan asap putih pekat? Bila iya, tarik terus tuas gas berkali-kali.
9. Perawatan Rantai
Lanjut semprotkan pelumas secukupnya secara merata. Gunakan oli baru yang memiliki kekentalan atau SAE 60W dan jangan gunakan gemuk. Karena sifat gemuk yang lengket membuat pasir dan debu mudah menempel hingga menyebabkan abrasif. Selain kebersihan rantai, periksa dan sesuaikan ketegangan rantai agar tidak memberikan efek entakan saat motor berakselerasi maupun deselerasi. Rantai kendur juga menimbuklkan suara berisik. Perhatikan juga jenis rantainya motor, jika memiliki sistem pelumasan tertutup yang tiap mata rantai terdapat sil karet, tidak dianjurkan menggunakan bensin saat pembersihan. Karena merusak karet-karet sil.
10. Perawatan Helm
Untuk membersihkan helm, sediakan tiga jenis cairan. Untuk membersihkan kotoran di visor (kaca) dan bagian luar helm, bisa pergunakan cairan pembersih kaca. Jika masih ada bercak bisa digosok dengan bahan khusus penghilang noda, tersedia dalam bentuk cairan atau krim. Untuk mengangkat kotoran pada busa atau kain di dalam helm juga ada cairan khusus. Seperti Helmet Care Series Foam Cleaner buatan Sunrise, sangat bagus mengangkat jamur dan memberikan efek wangi. Jika sudah bersih namun ingin lebih harum, silakan gunakan pengharum khusus helm.
0 komentar:
Post a Comment